RSS

Puasa dan Al-Qur'an

Dari Abdullah bin Amr, Sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Puasa dan Al-Quran akan menolong seorang hamba pada hari kiamat. Puasa itu berkata : " Ya Rabbi, Engkau telah melarang makanan dan syahwat pada siang hari, maka izinkan saya menolongnya. Dan Al-Qur'an berkata " Ya Rabbi, Engkau telah melarang tidur pada malam hari, maka izinkan saya menolongnya. Lalu keduanya diizinkan untuk menolongnya." (HR.Imam Ahmad dengan sanad sahih)

Setiap manusia sangat memerlukan pertolongan dalam kehidupan dunia. Apalagi di saat situasi dan kondisi yang darurat. Situasi yang mencekam dan menakutkan dan kondisi yang menyedihkan pada waktu terjadi bencana.

Hadist diatas menggambarkan kepada kita bahwa Puasa dan Al-Qur'an akan memohonkan pertolongan kepada Allah untuk orang-orang yang berpuasa dan selalu membaca Al-Qur'an dalam tahajudnya.

Karena ia selalu taat kepada Allah sehingga ia siap meninggalkan hal-hal yang memubahkan dalam ibadah puasa. Dan ia senantiasa bermunajat kepada Allah SWT dengan memperbanyak tilawah. Kesabaran dalam menahan haus, lapar, dan syahwat serta kesabarannya dalam melakukan qiyamullail di saat manusia lelap tertidur, inilah yang menjadi faktor utama adanya syafaat untuk mereka di hari kiamat.

Semoga ALLAh selalu memberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2009 - Pedoman Kehidupan | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top